Thursday, March 12

Greenwich Mean Time (GMT), apakah itu?

Setiap ponsel yang baru dibeli atau di restart ulang, pasti kita akan diminta untuk menyeting waktu, dan ada pilihan GMT+0, GMT+1, GMT-1, GMT-2 dan seterusnya. Tapi apakah kita tahu arti dan kepanjangan dari GMT tersebut?

GMT adalah kepanjangan dari Greenwich Mean Time. Lalu mungkin akan timbul pertanyaan, apa sih Greenwich itu? sebuah negarakah, sebuah tempatkah, sebuah kotakah?. Sebelum mengetahui lebih panjang mengenai GMT, kita harus tahu terlebih dahulu apakah Greenwich itu. 

Greenwich
Greenwich adalah sebuah distrik di sebelah tenggara kota London, InggrisGreenwich terkenal karena sejarah maritim dan memberikan nama kepada Meridian Greenwich ( bujur 0°) dan Greenwich Mean Time. Kota ini menjadi tempat sebuah istana Royal, Istana Placentia dari abad ke-15, dan merupakan tempat kelahiran dari House of Tudor, termasuk Henry VIII dan Elizabeth I. Istana ini pun rusak selama Perang Saudara Inggris dan dibangun sebagai Royal Rumah Sakit Angkatan Laut untuk Pelaut oleh Sir Christopher Wren dan asistennya Nicholas Hawksmoor. 
Bangunan ini menjadi Royal Naval College pada tahun 1873, dan mereka tetap menjadi pendirian pendidikan militer hingga 1998 ketika mereka jatuh ke tangan Yayasan Greenwich. Kamar-kamar bersejarah di dalam bangunan ini tetap terbuka untuk umum, bangunan lain yang digunakan oleh University of Greenwich dan Trinity College kota Music.The menjadi sebuah resor populer di abad ke-17 dengan rumah-rumah besar, seperti benteng Vanbrugh didirikan pada Maze Hill , di samping taman. Dari perkebunan periode Georgia, rumah dibangun di atas pusat kota. Koneksi maritim Greenwich dirayakan pada abad ke-20 dan National Maritime Museum di bangunan bekas Rumah Sakit Royal School pada tahun 1934. Greenwich merupakan bagian dari Kent hingga 1889 diciptakan County of London.

Greenwich Mean Time (GMT)
GMT adalah rata-rata waktu matahari, yang dilihat dari Royal Greenwich Observatory (Observatorium Kerajaan di Greenwich, yang melalui Konvensi, disepakati daerah tersebut adalah 0 derajat garis bujur. Garis bujur (Meridian) adalah garis imaginer yang menghubungkan utara dan selatan. Secara teori, pada tengah hari adalah saat dimana matahari melewati meridian Greenwich dan mencapai titik tertinggi di langit Greenwich. Kejadian tengah hari di Greenwich ini bisa 16 menit berbeda dari waktu nyata matahari.
Royal Greenwich Observatory
Kemudian, dari Greenwich lah bumi dibagi-bagi dalam garis bujur imaginer. Setiap 15 derajat sama dengan satu jam. Dan setiap 15 derajat dari sana dihitung berbeda 1 jam dalam hitungan 24 jam. Perhitungan hari dan penanggalan internasional pun dimulai dari jarak 180 derajat dari Greenwich.

Sir Stanford Fleming
Perbedaan waktu dari setiap belahan bumi juga bisa dihitung berdasarkan posisi kita di garis bujur. Karena 1 putaran bumi membutuhkan kurang lebih 24 jam, maka perbedaan waktu satu jam dapat di hitung sebagai berikut : 360 derajat/24 jam = 15 derajat garis bujur. Artinya setiap perbedaan 15 derajat garis bujur di muka bumi, maka akan berbeda waktu sebesar 1 jam. Pembagian zona ini di rintis oleh seorang Kanada bernama Sir Stanford Fleming.

Sebagai ilustrasi perhitungan waktu, jarak Indonesia dari Greenwich sebesar 95-141 derajat bujur timur. Maka perbedaan waktunya adalah 95/15 = 7 jam lebih awal dari waktu Greenwich. Jadi jika di Jakarta sudah jam & pagi, maka di Greenwich masih tengah malam (jam 12 malam). Sebaliknya, jika di Greenwich waktu menunjukkan jam 7 pagi dan di suatu lokasi masih menunjukkan jam 12 malam, maka daerah tersebut tergolong dalam satuan waktu GMT-7.
Demikian, semoga ada manfaatnya dan anda #jadimengerti

Salam

Sumber
Wikipedia
http://majlisdzikrullohpekojan.org/
langitselatan.com
yafi20.blogspot.com

Mungkin anda juga suka artikel lainnya :

No comments: